Monday, August 4, 2008

Adult Classroom Environment Scale (ACES)

Darkenwald dan Valentine (1986), mencatat kurangnya data penelitian pada lingkungan psikososial pembelajaran di kelas (learning environment) untuk pendidikan orang dewasa. Menurut mereka ditemukan banyak fakta bahwa skala lingkungan pembelajaran di kelas yang ada dirancang hanya untuk kelas-kelas pada sekolah dasar dan menengah dan itu tentu tidak valid untuk penelitian yang ditujukan untuk pendidikan orang dewasa. Mereka mengembangkan Skala Adult Classroom Environment (ACES)1, yang digunakan pada lingkungan pembelajaran di kelas untuk pendidikan orang dewasa (dengan berbagai pendekatan), dan terdiri dari tujuh dimensi (tujuh item untuk setiap dimensi). Skala atau instrumen itu menjadi dasar untuk merancang penelitian yang dilakukan terhadap lebih dari 500 orang dewasa (mahasiswa) yang mengikuti program pendidikan sertifikasi (1atau 2 tahun) yang dilaksanakan oleh University College Cork (U.C.C.). Penelitian seperti itu belum banyak dilaporkan sebelumnya yang dilakukan pada orang dewasa Irlandia berkaitan dengan persepsi mahasiswa terhadap lingkungan pembelajaran di kelas mereka.
Tujuh dimensi skala ACES diperlakukan untuk semua mahasiswa yang terdiri dari orang dewasa selama empat minggu pada bulan April 1996, dan menguji ketujuh dimensi berikut (Darkenwald, 1987) :
  1. Affiliation : sejauh mana para siswa saling berhubungan secara positif satu sama lain.
  2. Teacher Support : sejauh mana guru memberikan bantuan, dorongan, tampak bersahabat, dan memberikan perhatian ke pada siswa.
  3. Task Orientation : sejauh mana para siswa dan guru tetap berfokus pada tugas dan prestasi.
  4. Personal Goal Attainment : sejauh mana guru sangat luas memberikan peluang untuk siswa untuk mengejar minat mereka secara individu.
  5. Organization and Clarity : sejauh mana kegiatan kelas disampaikan dengan jelas dan diorganisir secara baik.
  6. Student Influence : sejauh mana guru mengajar dengan berpusat pada siswa dan mempersilahkan para siswa untuk berpartisipasi dalam memutuskan rencana pembelajaran.
  7. Involvement : seberapa jauh kepuasan siswa dipenuhi dan berpartisipasi dengan aktif dan menaruh perhatian dalam suatu kegiatan.
Kata kunci : learning environment, ACES
Catatan : instrumen/skala dalam artikel ini dan e-book yang berkaitan dengan hal itu bisa dipesan lewat e-mail : hand_oz@yahoo.com






No comments: