Saturday, June 21, 2008

Pengaruh Gaya Orangtua Dalam Mendidik Anak Pada Kinerja Akademik dan Sikap Siswa Terhadap Prestasi

Kategori artikel : Motivasi
Gaya orangtua dalam mendidik anak (parenting style) ditunjukkan secara konsisten mempunyai hubungan dengan berbagai perilaku prestasi anak. Gaya orangtua dalam mendidik anak menurut Baumrind'S (1991), yakni : authoritarian (perilaku dan sikap orangtua terhadap anak yang ditandai dengan kehangatan yang rendah, tetapi dengan pengendalian yang tinggi), permissive (perilaku dan sikap orangtua terhadap anak yang ditandai dengan kehangatan yang tinggi, tetapi dengan pengendalian yang rendah), dan authoritative (perilaku dan sikap orangtua terhadap anak yang ditandai dengan kehangatan dan pengendalian yang tinggi). Beberapa penelitian yang berkaitan dengan gaya orangtua dalam mendidik anak telah dilakukan oleh banyak peneliti antara lain :
  • Attaway et al. ( 2004) menemukan bahwa pengendalian yang tinggi oleh orangtua akan berpengaruh pada prestasi akademik (rendah) dengan sampel remaja keturunan Afrika-Amerika.• Strage et al. (1999) menguji peran dalam orangtua gaya pada mahasiswa, dan hasilnya menunjukkan gaya orangtua dalam mendidik anak tetap penting pada anak mereka ketika remaja dan studi perguruan tinggi. Semakin orangtua memberikan otonom pada anaknya, permintaan, dan dukungan diberikan, maka akan membuat mahasiswa lebih yakin dan gigih dalam belajar.
  • Joshi et al. (2003) menemukan bahwa gaya orangtua dalam mendidik anak tidak ada hubungan dengan prestasi akademis yang tinggi. Korelasi yang signifikan ditemukan antara prestasi akademik dengan kekerasan yang dilakukan oleh ibu, juga antara keterlibatan ayah dengan kekerasan untuk sampel siswa berkulit putih.
  • Dornbusch et al. (1987) menemukan bahwa gaya orangtua yang authoritarian dan orangtua yang permissive mempunyai hubungan negatip dengan prestasi akademik siswa, sedangkan gaya orangtua yang authoritative dalam mendidik anaknya mempunya hubungan yang positif dengan kinerja akademis siswa.

Dengan menggunakan perspektif teori Self-Determination, apakah motivasi terhadap anak dan gaya orangtua dalam mendidik anak mempunyai arti yang penting pada kinerja akademik anak, dan apakah ada hubungan antara gaya orangtua dalam mendidik anak, prestasi akademik, sikap siswa terhadap prestasi dalam memprediksi kinerja akademik anak, menjadi suatu kajian yang cukup penting. Untuk keperluan tersebut gaya orangtua diukur menggunakan Parental Authority Questionnaire (Buri, 1991) disingkat PAQ atau, skala ‘The Primary Caregivers Practices Report’ (Robinson et al., 1995) disingkat PCPR, motivasi akademik diukur menggunakan Academic Motivation Scale (AMS) College Version (Vallerand etal., 1992).

Kata Kunci : PAQ, PCPR, AMS, Parenting Style

Catatan : instrumen/skala dalam artikel ini serta beberapa e-book yang berkaitan dengan hal itu dapat dipesan lewat email : hand_oz@yahoo.com

No comments: